Langsung ke konten utama

Unggulan

Hantu Cintaku Izin Pergi Darimu

                       Hantu Cintaku Sudah Pergi Lama Cukup lama diriku bisa bertahan dengannya. Aku pun tidak mengerti mengapa bisa cukup lama terikat hubungan dengannya. Kemudian, apa rasanya jika kau mencintai seseorang namun rasa cinta itu tidak mengarah balik ke dirimu? Bahkan mencintai diri sendiri pun tidak ada, mencintai orang itu rasanya nikmat, dibanding mencintai diri sendiri karena setiap usaha yang dilakukan berharap akan bisa diberikan nilai mau pun harapan timbal balik dari orang yang kita cintai. Kamu harus tahu, jujur aku sayang menyayangimu serta mencintaimu, namun sisi lain rasa takut dan benciku sekarang bisa seimbang dari rasa sayang dan cinta terhadapmu.. Aku berharap pisahnya kita itu memberikan dampak yang positif untuk kedepannya, terima kasih sudah membantu dan menemani aku dalam kondisi apa pun. Apabila suatu saat jika aku melihat wajahmu, kuharap itu tidak membuatku merasakan sakit yang amat dalam. Kutahu berpisah dalam mencintai itu sulit, namun untuk yang

Dapet Sertifikat Lagi

...

Kita hidup harus bisa membuat diri bahagia ya.

Sebenarnya hari ini sampai tahun depan, saya meliburkan diri dari sekolah, karena disuruh sekolah tidak masuk dulu.

Okay, jadi tanggal 27 Desember - 29 Desember, saya telah mengikuti kegiatan workshop Mikrotik yang dibimbing oleh Pak Faizal Riza di mana beliau ahli programing dan bergelut juga di jaringan xD

Saya mengikuti workshop ini karena sebelumnya saya pernah mengikuti workshop sebelumnya dan itu pun gratis bagi murid smk Laboratorium, tapi saya bukan lagi murid sana karena saya sudah pindah, tapi alhamdulillah saya dibolehkan mengikuti kegiatan itu dan ternyata pak Faizal Riza membuat workshop Mikrotik lagi. He He He, seneng banget ya ga :v soalnya sekalian silaturahim sama temen sekolah walau lagi libur, setidaknya ketemu beberapa teman lah di sana.

Nah, sebenarnya saya belajar apa saja sih di sana?

Itu pamfletnya gan....

Nah, hari pertama saya belajar :
1. Inisiasi Internet
2. OSI Layer (Singkat)
3. DHCP Server
4. Bridge

Untuk yang pertama itu saya pernah belajar pada workshop sebelumnya, tapi saya masih belum memahami, akhirnya workshop ini yang membuat saya paham :v


Skip dulu soal itu, ini kelasnya gan....
Nyaman ada ac, internet, dan jelas ada minuman :v ada tukang seblak yang 5000ribuan juga di depan sekolah, h3h3h3.

Nah, soal inisiasi internet itu pelajaran pertama yang saya pelajari, karena penting banget :v
Jarang orang yang memakai kata "Inisiasi" padahal itu yang dipakai pedoman di mikrotik.
Apa sih arti inisiasi? kalau kata kbbi sih singkatnya ya "Meresmikan".
Nah, saya kasih link video yang memakai kata "Inisiasi" dalam mikrotik.

Nah, di sini saya pakai winbox untuk tahap pembelajarannya, karena mudah walau nanti juga belajar yang cli nya.

Inget ya gan, sebelum konfigurasi mikrotik, lewat winbox/telnet, firewall harus dimatikan, karena? ya coba saja gan dinyalakan, saya saja pakai linux harus dimatikan :v

Catatan untuk inisiasi internet :
1. Ether 1 (Meminta IP {DHCP Client})
      IP > DHCP > DHCP Client > Add Ether 1
2. Memasang DNS (*Penting gan)
      IP > DNS > Checklist "Allow Remote Request"
3. Pasang IP (Ether 2)
      IP > Address > Add > Ether 2 (IP= 192.168.0.1/24) > Next > OK
4. Setting DHCP Server (Ether 2)
      IP > DHCP Server > DHCP Setup > Pilih Ether 2 > Next > OK
5. Setting Firewall
      IP > Firewall > General > NAT > Chain : Srcnat > Action : Masquerede > OK

Itu gan, buat nyalain internet di router :v

Bareng sama Abg Yusra dari Genesha gan :v pemain PWI

 Agan mau hapal OSI Layer? Saya mendapatkan cara jitu dari Master Faizal Riza!

PAK
DANU
NONTON
TV
SAMBIL
PEGANG
ANU

tinggal balik gan

ANU
PEGANG
SAMBIL
TV
NONTON
DANU
PAK

kenapa dibalik? silakan liat selanjutnya gan....

Anu -> Application
Pegang -> Presentation
Sambil -> Session
TV -> Transport
Nonton -> Network
Danu -> Data Link
Pak -> Physical

Tada....! :v
Karena Physical itu yang pertama gan...

Saya bahagia :v karena sudah bisa menghapal OSI LAYER! 😶

Selanjutnya DHCP Server,... tapi saya lanjutkan nanti ya :v





Komentar

Postingan Populer